Nalacity : Pembangkit Semangat Mantan Penderita Kusta

Yovita Salysa Aulia
Nalacity adalah wirausaha sosial/sociopreneurship yang memberdayakan ibu-ibu mantan penderita kusta/ OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta) di Sitanala untuk menghasilkan produk Muslimah Fashion berpayet/manik, dengan produk utama jilbab kreasi. Bisnis ini berawal dari proyek social (social project) ILDP (Indonesia Leadership Development Program) generasi pertama yang terdiri dari 5 mahasiswa Universitas Indonesia dari fakultas yang berbeda (Arriyadhul, Andreas, Yovita, Hafiza, Alfi) untuk memenuhi kewajiban dari Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia sebagai mahasiswa berprestasi UI pada tahun 2010. Hari jadi Nalacity yang pertama sebagai sociopreneurship jatuh pada tanggal 10 November 2012.
Kampung kusta Sitanala merupakan sebuah daerah di Tangerang yang memiliki rumah sakit khusus untuk para penderita kusta. Ketika pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh, mereka memutuskan untuk tidak kembali ke tempat asal dan menetap di lingkungan sekitar rumah sakit dikarenakan merasa malu dengan dampak kusta yang menyebabkan kecacatan permanen pada tubuh mereka. Oleh karena banyaknya OYPMK di sana, Sitanala terkenal dengan sebutan Kampung Kusta.
Produk Nalacity terdiri dari beragam hijab bermanik sebagai produk utama, serta pakaian muslim dan pernak-pernik fashion. Semua produk Nalacity didesain dengan pola bermanik yang cantik dan khas yang membuat perempuan dari usia remaja sampai dewasa, tetap cocok mengenakannya.

Edited : Lina Lisnawati

Sumber : http://sea-dd.com/?p=945

0 comments:

Posting Komentar